Kamis, 28 Oktober 2010

Reuni JIP-FSUI 2008, Reuni Tiga Generasi

Oleh : Bambang Haryanto
Email : jip80fsui (at ) gmail.com



"Setiap perpisahan," demikian teolog Amerika, Tryon Edwards (1809-1894), telah bilang, "merupakan bentuk dari kematian." Lalu ia lanjutkan : "Sebagaimana setiap reuni merupakan bentuk dari sorga."

Tahun 2008, suasana sorga itu menyapa.

Setelah hampir sekitar seperempat abad lebih berpisah, suatu berkah bahwa pertemuan keluarga besar sivitas akademika dari Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia (JIP-FSUI), telah terjadi. Termasuk dihadiri oleh tiga rekan kuliah kita sesama Angkatan 1980 : Hartadi Wibowo, Rizal Saiful-haq dan Gustina Sofia.

Kini di tahun 2010, kita pantas bersyukur karena Hartadi Wibowo telah berbaik hati membuka-buka album fotonya. Kemudian rela membagikannya, me-reuni-kannya kepada kita semua lewat akun Facebooknya. Silakan simak foto dan cerita yang membahagiakan, juga mengharukan, di bawah ini. Demikian juga simaki pelbagai komentar yang mengiringinya.

hartadi wibowo,liliy k somadikarta,rizal saiful-haq,yaz anggraeni,reuni jip-fsui 2008,ilmu perpustakaan,pertemuan terakhir edngan ibu soma

Bakhuri Jamaluddin. Aduh, sedari dulu kalau menyesal itu belakangan ! Kenapa BJ berhalangan hadir kala itu. Keren banget deh, Hartadi (Si Kumis) dan Rizal (Si Jenggot) bisa mengapit Ibu Lily "Katalog" Somadikarta (dosen Katalogisasi, Klasifikasi, dan "Etsitera") Jurusan Ilmu Perpustakaan FSUI 1970-an hingga 2008-an.

Bambang Haryanto. Tks, mengharukan sekali. Usul : harusnya diberi data 5W+1 H (bukan "HW"), sehingga saya bisa ikut merasakan atmosfir dan suasana hati. Apa gadis cantik beryellow jacket itu putrinya Teddy yang juga mahasiswi JIP ? Kalau benar, saya kok ikut merasakan kebahagiaan reuni sebuah keluarga dengan penuh kesan. Tell me more, Teddy dan juga Rizal. Bukan hanya tentang (nyontek BJ) kumis atau pun jenggot yang menawan dari Anda berdua !

Hartadi Wibowo. Ya, itulah moment terakhir dng almh ibu kita Lily Somadikarta, di bulan Februari 2008 pd waktu acara Reuni Akbar JIP FSUI. Angkt 80 yang datang hanya saya dan bang RSH yang kini menjabat sbg Ketua JIP UIN Jakarta. Yang ber-yellow jacket ada...lah Tyaz, anak saya yang mengikuti jejak bapaknya belajar DDC dng segala facet-facetnya. Saya sempat bercanda dng bu Kalangie dan almh bu Soma, bahwa seharusnya anak saya memanggil "eyang dosen" kepada beliau.

Bu Kalangie juga berkomentar, "Teddy, anak you pintar lho, nilainya bagus-bagus. Saya jawab, " iya bu, nggak spt bapaknya ya,". Maklum, bapaknya dulu tidak ngejar nilai, tapi hanya ngejar lulus. Ketika bu Soma meninggal, saya tdk bisa datang melayad. Namun kenangan ttg almarhumah tdk akan hilang. Saat itu saya hanya bisa mendoakan dan berucap "Selamat jalan eyang dosen".

Sri Rumiati Atmakusumah. Iya, aku menyesal sekali gak bisa datang waktu itu, saya mesti keluar kota rasanya deh... Gak ada lagi deh kesempatan bertemu dan berfoto sama Ibu "Katalog" Somadikarta yang begitu mengesankan ...

Zul Herman. Yah sebagian besar kita tidak sempat hadir pada saat itu. Cuma Teddy dan Pak Rizal saja yang beruntung sempat datang dan mengabadikan momen penting itu.

Subagyo Ramelan. Mungkin karena aku sdh tidak berkecimpung di bidang perpustakaan/perbukuan, aku ketinggalan informasi tentang reuni ini. Yaaah, nanti kalo ada kesempatan lagi...

Hartadi Wibowo. Mbah Yo, sayapun sdh sejak th 1997 tidak lagi ngurusi perpustakaan. Namun rasa kangen ketemu teman-teman seperjuangan dan para kesepuhan (dosen), maka langkah kakipun sampai ke Depok.

Mudah-mudahan nanti kalau ada acara reuni lagi kita bisa kumpul. Mungkin tidak ada jeleknya kalau kita berpikir "siapa tahu ini kesempatan terakhir kita bertemu sahabat lama". Apalagi skrang kita sdh "dipertemukan" di dunia maya, akan lebih mempermudah komunikasi.

Selamat beraktifitas. Wassalam,

Kini sebagian dari dosen-dosen kita itu, juga beberapa teman kuliah, telah melakukan reuni agung dan abadi dengan Sang Pencipta. Seperti Teddy bilang, dan kita semua mengamininya, bahwa : ""Selamat jalan eyang dosen."


Wonogiri, 29/10/2010

P.S. : Saya tunggu cerita dan juga kiriman foto-foto berikutnya dari teman-teman sesama Angkatan 1980. Cerita apa saja yang menarik untuk dibagikan, untuk berbagi kegembiraan, kebahagiaan, dan nilai-nilai kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar